Aprianti, Ni Komang Wiwin (2020) Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Kurikulum 2013 di Kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011010-COVER.pdf Download (481kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011010-ABSTRAK .pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi, serta kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melakukan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada Kurikulum 2013 di kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X di SMA Negeri 1 Sukasada. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi, serta kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik di kelas X SMA Negeri 1 Sukasada.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dapat dikategorikan baik, karena telah terangkum dalam RPP yang disusun oleh guru dan sesuai dengan kriteria penilaian autentik, (2) pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dilakukan melalui beberapa tahapan sesuai dengan perencanaan penilaian yang disusun, (3) terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian autentik pada pembelajaran menulis teks negosiasi yaitu banyaknya administrasi yang perlu disusun guru dalam merancang penilaian, banyaknya komponen yang harus dinilai, serta kurangnya partisipasi siswa pada saat pembelajaran menulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, penilaian autentik, teks negosiasi |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Wiwin Aprianti |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 00:16 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 00:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2481 |
Actions (login required)
View Item |