DWITAYANI, NI MADE (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TAHUN PELAJARAN 2024/2025 DI SD NEGERI 2 BUNGKULAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021026-COVER.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021026-ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021026-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian berdasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan literasi digital dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengtahui terbentuknya rancang bangun pengembangan multimedia interaktif pada mata pembelajaran bahasa Inggris, guna mendapatkan hasil validitas uji ahli isi, ahli desain, ahli media, uji coba peorangan, dan uji coba kelompok kecil pada multimedia interaktif BUDLI (Body Literasi), mengetahui efektifitas peningkatan literasi digital multimedia interaktif, mengetahui efektifitas hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V Tahun Pelajaran 2024/2025 di SD Negeri 2 Bungkulan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian merupakan Siswa kelas V tahun pelaajran 2024/2025 SD Negeri 2 Bungkulan. Pengumpulan data dilaksanakan dnegan kuisioner dan Tes, dengan metode analisis data statistik deskriptif kualitatif, deskriptif Kuantitatif, Statistik Inferensial. Penelitian ini telah menhasilkan (1) Proses rancang bangun pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris ini yang terdiri dari analisisi, desain, pegembangan, implementasi, dan evaluasi, (2) multimedia interaktif BUDLI (Body Literasi) valid dengan (a) hasil review uji ahli isi memperoleh skor sejumlah 96% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil review uji ahli desain memperoleh skor sejumlah 93% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review uji ahli media mempereroleh skor sejumlah 95% dengan kualifikasi sangat baik, (d) uji coba perorangan memperoleh skor sejumlah 92% dengan kualifikasi sangat baik, (e) uji coba kelompok kecil memperoleh skor sejumlah 79,32% dengan kualifikasi baik, (3) multimedia interaktif BUDLI (Body Literasi) efektif untuk meningkatkan literasi digital yang ditujukan melalui hasil uji-t dengan nilai signifikasi 0,0001<0,05, (4) multimedia interaktif BUDLI (Body Literasi) efektif untuk meningkatkan hasil belajar yang ditujukan melalui hasil uji-t dengan nilai signifikasi 0,0001<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan1, Multimedia Interaktif2, Literai Digital3, ADDIE4, Bahasa Inggris5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dwitayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |