EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA

LIDYA SRIWAYUNI, KURNIATI (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329111006-COVER.pdf.pdf

Download (478kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329111006-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (152kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2329111006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (188kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2329111006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2329111006-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2329111006-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111006-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329111006-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurniati,Lidya Sriwayuni (2025) Efektivitas Konseling Kognitif Perilaku Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dan Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Dharma Wiweka Denpasar Tesis Bimbingan Konseling Program Pascasarjana ,Universitas Pendidikan Ganesha . Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing 1 Prof Dr.I Ketut Gading M.Psi dan pembimbimg II: Dr Putu Ari Dharmayanti ,S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: konseling kognitif perilaku,teknik restrukturisasi kognitif,percaya diri,motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kognitif perilaku (Cognitive Behavioral Therapy/CBT) dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan percaya diri dan motivasi belajar siswa secara simultan. Masalah rendahnya kepercayaan diri dan motivasi belajar seringkali menjadi penghambat dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan intervensi psikologis yang tepat untuk membantu siswa mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa SMP Dharma Wiweka Denpasar yang memiliki tingkat kepercayaan diri dan motivasi belajar rendah. Sampel diambil sebanyak 10 siswa dari populasi siswa kelas VII yang dipilih secara acak menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil pretest. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa layanan konseling kelompok CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif sebanyak delapan kali pertemuan. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 25.0 untuk menguji perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada tingkat percaya diri dan motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan dibandingkan dengan sebelum perlakuan, Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif digunakan sebagai intervensi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kognitif Perilaku, Teknik Restrukturisasi Kognitif, Percaya Diri, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Lidya Sriwayuni Kurniati
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:02
Last Modified: 26 Jun 2025 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24864

Actions (login required)

View Item View Item