Radiana, Putu Risma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031095- COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031095-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031095-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031095-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031095-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031095-Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031095-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031095- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031095- LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Probing Prompting berbasis etnomatematika terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis quasi eksperimen dengan rancangan Non Equivalent Pretest Postest Control Group Design. Semua kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara TA 2019/2020 yang terdiri dari 13 kelas dengan banyak siswa 462 orang dijadikan sebagai populasi, sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sampel yang terpilih yaitu kelas V SD Negeri 2 Tonja yang diajarkan model Probing Prompting berbasis etnomatematika sebagai kelompok eksperimen dan Kelas VB SD Negeri 23 Dangin Puri dibelajarkan secara konvensional sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif. Data yang diperoleh selanjutnya ditentukan GSn-nya kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan penelitian menunjukkan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan kedua kelompok, terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen (x̄ = 23,094) lebih dari rerata posttest kelompok kontrol (x̄ = 17,758). Berdasarkan analisis uji t diperoleh thit > ttab (12,696 > 1,998) dengan tingkat kesalahan 0,05 dan df = 63. Maka ditolaknya Ho dan diterimanya Ha. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Probing Prompting berbasis etnomatematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci : Probing Prompting, etnomatematika, kompetensi pengetahuan matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing Prompting, etnomatematika, kompetensi pengetahuan matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Risma Radiana |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 10:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 10:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2489 |
Actions (login required)
View Item |