PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Radiana, Putu Risma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031095- COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031095-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031095-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031095-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031095-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031095-Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031095-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031095- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031095- LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Probing Prompting berbasis etnomatematika terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis quasi eksperimen dengan rancangan Non Equivalent Pretest Postest Control Group Design. Semua kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara TA 2019/2020 yang terdiri dari 13 kelas dengan banyak siswa 462 orang dijadikan sebagai populasi, sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sampel yang terpilih yaitu kelas V SD Negeri 2 Tonja yang diajarkan model Probing Prompting berbasis etnomatematika sebagai kelompok eksperimen dan Kelas VB SD Negeri 23 Dangin Puri dibelajarkan secara konvensional sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif. Data yang diperoleh selanjutnya ditentukan GSn-nya kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan penelitian menunjukkan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan kedua kelompok, terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen (x̄ = 23,094) lebih dari rerata posttest kelompok kontrol (x̄ = 17,758). Berdasarkan analisis uji t diperoleh thit > ttab (12,696 > 1,998) dengan tingkat kesalahan 0,05 dan df = 63. Maka ditolaknya Ho dan diterimanya Ha. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Probing Prompting berbasis etnomatematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci : Probing Prompting, etnomatematika, kompetensi pengetahuan matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, etnomatematika, kompetensi pengetahuan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Risma Radiana
Date Deposited: 27 Jul 2020 10:36
Last Modified: 27 Jul 2020 10:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item