PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DESA TENGANAN PEGRINGSINGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MUATAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NYUHTEBEL

Artika, I Made Yoga Dwi Wira (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DESA TENGANAN PEGRINGSINGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MUATAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NYUHTEBEL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031338-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031338-ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031338-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031338-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031338-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031338-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031338-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031338-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031338-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kualitas rancang bangun video pembelajaran Desa Tenganan Pegringsingan berbasis Problem Based Learning pada materi Kekayaan Budaya Indonesia muatan IPAS, (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran Desa Tenganan Pegringsingan berbasis Problem Based Learning pada materi Kekayaan Budaya Indonesia muatan IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran Desa Tenganan Pegringsingan berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Kekayaan Budaya Indonesia muatan IPAS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t satu sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; rancang bangun memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik; kelayakan media video pembelajaran Desa Tenganan Pegringsingan berbasis Problem Based Learning berdasarkan hasil uji isi pembelajaran memperoleh skor 91,66%, hasil uji desain instruksional memperoleh skor 93,75%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 93,33%, uji coba perorangan memperoleh skor 95,83%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 98,33% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik; efektivitas produk berdasarkan hasil uji-t satu sampel memperoleh t_hitung= 5,763 > t_tabel=1,782 pada taraf signifikansi 5% untuk derajat kebebasan = 12, artinya terdapat perbedaan yang signifikan setelah penggunaan video pembelajaran tersebut, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran Desa Tenganan Pegringsingan berbasis Problem Based Learning efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Nyuhtebel pada materi Kekayaan Budaya Indonesia muatan IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ADDIE, Video Pembelajaran, Desa Tenganan Pegrisingan, Problem Based Learning, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Yoga Dwi Wira Artika
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:23
Last Modified: 26 Jun 2025 06:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24901

Actions (login required)

View Item View Item