PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO MELALUI TEKNIK MODELLING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAPEKEN

Madie, Rizatul Faulyna (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO MELALUI TEKNIK MODELLING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAPEKEN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011051-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011051-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1912011051-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011051-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan menulis naskah pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sapeken melalui penerapan teknik modelling dengan pendekatan kontekstual. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis pidato akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik modelling digunakan untuk memberikan contoh konkret dalam pembelajaran, sedangkan pendekatan kontekstual dimanfaatkan untuk mengaitkan materi dengan pengalaman nyata siswa agar pembelajaran lebih bermakna. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, tes unjuk kerja, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis pidato dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, mayoritas siswa memberikan respons cukup positif, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan mayoritas siswa memberikan respons positif hingga sangat positif. Rata-rata skor keterampilan menulis siswa juga meningkat secara signifikan. Dengan demikian, penerapan teknik modelling dengan pendekatan kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah pidato siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan teknik tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis naskah pidato, teknik modelling
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Rizatul Faulyna Madie
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:34
Last Modified: 30 Jun 2025 07:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24962

Actions (login required)

View Item View Item