PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA SISWA

Adnyaningsih, Ni Ketut Sidiratni (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113021003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021003-ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021003-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning dan direct instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain penelitian one way non-equivalent pre test post test control group. penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Selat. XI A dan XI C dengan masing-masing 34 siswa, digunakan sebagai sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik random assignment. 10 soal esai dengan konsistensi internal butir soal berkisar antara γ=0,552 sampai γ=0,805 dan koefisien reliabilitas sebesar α=0,817 digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kreatif. Analisis deskriptif dilakukan untuk menganalisis data dan analisis kovarian (ANAKOVA) serta pengujian lanjut LSD digunakan untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model problem based learning dan model direct instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika siswa di SMA Negeri 1 Selat. Hasil ini dibuktikan pada nilai F di uji ANAKOVA sebesar 2022,347 yang lebih besar dari nilai F pada tabel sebesar 3,989 serta signifikansi menunjukkan kurang dari 0,05. Kemampuan berpikir kreatif fisika siswa meningkat sebagai hasil dari pembelajaran dengan model problem based learning yang mendorong siswa untuk aktif, memotivasi dalam berpikir lebih fleksibel, dan memberikan ide-ide unik dalam memecahkan permasalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, direct instruction, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Ketut Sidiratni Adnyaningsih
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:30
Last Modified: 30 Jun 2025 02:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24966

Actions (login required)

View Item View Item