Romadhan, Rohmat and Suartama, I Kadek and Sukmana, Adrianus I Wayan Ilia Yuda (2025) PENGEMBANGAN PELATIHAN BERBASIS BACKWARD DESIGN PADA MATA DIKLAT LEARNING DESIGN UNTUK KOMPETENSI TRAINING NEEDS ANALYST BAGI PROFESI LEARNING DESIGNER DI IODA ACADEMY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1811021013-COVER.pdf Download (999kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1811021013-ABTSRAK.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1811021013-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
The Future of Jobs Report 2025 mencatat 85 % perusahaan bermaksud melakukan peningkatan keterampilan (upskilling) hal ini dikarenakan 39% keterampilan inti pekerja global diperkirakan mengalami perubahan sebelum 2030. Upskilling umumnya dapat dilakukan melalui program pelatihan yang dirancang oleh profesi Learning Designer. Di lembaga pelatihan nonformal seperti Ioda Academy, pelatihan untuk calon Learning Designer sudah ada, namun belum disusun dengan desain pembelajaran yang sistematis dan terukur, sehingga hasilnya kurang selaras dengan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan pelatihan profesi Learning Designer berbasis Backward Design yang berfokus pada kompetensi Training Needs Analysis (TNA) dan (2) menilai kelayakan pelatihan tersebut melalui validasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang dugunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif dan diperoleh analisis dokumen SKKNI, penelusuran lowongan kerja, serta wawancara praktisi, kemudian produk pelatihan divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli desain pembelajaran, andragogi, dan pelatihan berbasis kompetensi, serta diuji pada lima peserta Ioda Academy melalui uji kelompok kecil. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan pelatihan dilakukan melalui tahapan ADDIE dan menghasilkan empat komponen utama: training charter (kurikulum), modul digital, asesmen proyek berbasis kompetensi, dan panduan fasilitator. (2) Validasi pelatihan oleh tiga ahli menunjukkan pelatihan berada dalam kategori sangat baik, dengan skor berturut-turut 94,29 % (desain pembelajaran), 91,43 % (expert trainer), dan 88,57 % (ahli pelatihan berbasis kompetensi), seluruhnya melampaui ambang kelayakan 75 %, sehingga tidak diperlukan revisi mayor. Uji kelompok kecil oleh lima peserta menghasilkan skor keterpakaian 92 %, yang menunjukkan bahwa materi pelatihan mudah digunakan dan relevan dengan tugas kerja. Dengan demikian, pelatihan dinyatakan layak diterapkan. Kata kunci: Backward Design, Learning Designer, Training Needs Analysis, Andragogi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Backward Design, Learning Designer, Training Needs Analysis, Andragogi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Rohmat Romadhan |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:34 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |