Maharani, Ni Komang Trisna (2025) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 BANJAR TENGAH KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041023-COVER.pdf Download (840kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041023-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041023-LAMPIRAN.pdf Download (708kB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk mengeksplorasi dan mengkaji secara mendalam bagaimana penggunaan TikTok berdampak terhadap karakter siswa kelas VI di SD Negeri 1 Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Dengan memakai pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan berbagai teknik dalam pengumpulan datanya, seperti wawancara langsung, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi terkait. Metode analisis model Miles dan Huberman, yang mencakup tahapan reduksi data, penyajian data secara sistematis, serta proses penarikan kesimpulan secara tematik. Prosedur ini memungkinkan peneliti memahami pola-pola temuan dan menarik simpulan secara objektif. Hasil temuan menunjukkan bahwa TikTok memunculkan dua sisi pengaruh yang saling bertolak belakang. Dari sisi positif, TikTok dapat dijadikan media penyaluran kreativitas siswa serta wadah pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan apabila diarahkan dengan tepat. Konten-konten edukatif yang dikemas secara menarik sering kali mampu menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Akan tetapi, di sisi lain, terdapat dampak negatif yang tak dapat diabaikan, khususnya apabila siswa terpapar pada konten yang tidak sesuai dengan usia mereka. Pengaruh buruk seperti perilaku konsumtif, penurunan sopan santun, hingga kecenderungan meniru gaya hidup tidak sehat dapat timbul akibat minimnya kontrol dalam penggunaan TikTok. Penelitian ini juga menggarisbawahi bahwa minimnya pengawasan dari pihak orang tua maupun guru terhadap aktivitas media sosial anak-anak turut memperparah kemungkinan munculnya dampak negatif tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, TikTok, Pembentukan Karakter |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Trisna Maharani |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |