Kaban, Gres Desika Br (2025) EXPLORING THE IMPLEMENTATION OF E-PORTFOLIO ON STUDENTS’ SPEAKING PERFORMANCE AND EMOTIONAL WELL-BEING: AN IN-DEPTH STUDY ON POSITIVE PSYCHOLOGY USING PHOTOVOICE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021038_COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021038_ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021038_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021038_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021038_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021038_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021038_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021038_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021038_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi telah mendukung penerapan e-portofolio dalam kinerja berbicara siswa, yang dapat digambarkan sebagai alat digital di mana siswa dapat mengumpulkan dan menyimpan proyek mereka secara online untuk akses cepat selama perangkat mereka memiliki koneksi internet. Namun, hanya sedikit yang diketahui secara kualitatif yang mengeksplorasi bagaimana e-portofolio tidak hanya mempengaruhi kinerja berbicara siswa tetapi juga kesejahteraan emosional positif yang mereka alami setelah menggunakan e-portofolio. Hal ini menyebabkan kurangnya literatur tentang topik ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti apa saja kesejahteraan emosional positif yang dialami oleh siswa setelah menerapkan e-portofolio dengan menggunakan photovoice dengan metode kualitatif dalam konteks siswa sekolah menengah. Desain penelitian kualitatif fenomenologis yang terdiri dari metode photovoice, pencatatan, dan wawancara semi-terstruktur digunakan untuk mendapatkan data dari 33 siswa kelas sebelas yang berusia antara 17-18 tahun. Data wawancara dan photovoice dianalisis dengan menggunakan analisis tematik induktif; sementara itu, pencatatan mendukung analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa mengalami pengaruh kognitif dalam kinerja berbicara mereka dalam hal pengucapan, kosakata, dan kefasihan. Selain itu, para siswa menunjukkan manfaat dari umpan balik teman sebaya dalam kegiatan e-portofolio, yang meningkatkan kesadaran mereka dan mengarahkan mereka untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta mengenali area yang perlu ditingkatkan dalam kinerja berbicara mereka. Ketiga, para siswa mengalami pengaruh afektif dalam empat aspek, yaitu rasa senang dan bahagia, rasa bangga dan percaya diri, motivasi, serta rasa lega dan tenang setelah menyelesaikan tugas video.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-portofolio, Performa Berbicara, Kesejahteraan Emosional, Photovoice, Pengajaran Berbicara Menggunakan Teknologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Gres Desika Br Kaban |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:30 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |