EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENURUNKAN SOCIAL LOAFING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Rismawati, Esther Lydia (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENURUNKAN SOCIAL LOAFING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011002_COVER.PDF

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011002_ABSTRAK.PDF

Download (114kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011002_BAB 1 PENDAHULUAN.PDF

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2111011002_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111011002_BAB 3 METODE PENELITIAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011002_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.PDF

Download (269kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011002_BAB 5 PENUTUP.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011002_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011002_LAMPIRAN.PDF

Download (1MB)

Abstract

Social loafing merupakan kecenderungan dari anggota kelompok yang menunjukkan adanya penurunan motivasi atau usaha, bersikap pasif atau memilih diam dalam kelompok dan bersikap membiarkan orang lain untuk berusaha, mengerjakan, dan menyelesaikan tugas kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya efektivitas konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk menurunkan tingkat social loafing pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-postest control group design, yang dalam rancangan desain penelitiannya terdapat kelas eksperiment dan kelas kontrol yang dipilih berdasarkan hasil rata-rata skor dalam kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik yaitu dengan menggunakan independent sample t test dan dilanjutkan dengan melakukan uji effect size. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa treatmen konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif dalam menurunkan social loafing pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Hasil data uji statistik parametrik independent sample t test dengan hasil p < a = 0.000 < 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat efektivitas konseling kognitif perilaku untuk menurunkan social loafing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: social loafing, restrukturisasi kognitif, konseling kognitif perilaku
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Esther Lydia Rismawati
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:01
Last Modified: 04 Jul 2025 02:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25156

Actions (login required)

View Item View Item