ONLINE REVIEWS BY CUSTOMERS OF HOTELS IN BULELENG REGENCY: AN ANALYSIS OF CUSTOMER SATISFACTION BASED ON APPRAISAL THEORY

Mahayana, Gede Widi (2025) ONLINE REVIEWS BY CUSTOMERS OF HOTELS IN BULELENG REGENCY: AN ANALYSIS OF CUSTOMER SATISFACTION BASED ON APPRAISAL THEORY. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2252013017-COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2252013017-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2252013017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2252013017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2252013017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2252013017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2252013017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2252013017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2252013017-LAMPIRAN.pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahasa yang digunakan dalam ulasan daring pelanggan, mengidentifikasi faktor-faktor utama yang berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan, dan menentukan aspek-aspek yang paling berpengaruh yang mempengaruhi kepuasan terhadap layanan hotel di Kabupaten Buleleng. Pendekatan kualitatif digunakan, dengan menggunakan Teori Penilaian sebagai kerangka analisis. Data primer terdiri dari 27 ulasan daring yang dipilih secara sengaja yang dikumpulkan dari Google Reviews selama rentang waktu empat bulan, dari Desember 2024 hingga Maret 2025, yang mewakili lima hotel di berbagai klasifikasi: hotel bintang 5, bintang 4, bintang 3, bintang 2, dan bintang 1 yang berlokasi di Kabupaten Buleleng. Data yang dikumpulkan dikategorikan berdasarkan sentimen (positif, negatif, dan netral) dan dianalisis untuk mengidentifikasi pola bahasa dan faktor kepuasan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) tiga jenis utama bahasa penilaian digunakan untuk mengekspresikan kepuasan dan ketidakpuasan: sikap, keterlibatan, dan kelulusan; dan (2) lima faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan muncul dari ulasan, yaitu kebersihan, layanan staf, lokasi, fasilitas, dan harga. Dapat disimpulkan bahwa manajemen hotel harus memperhatikan faktor-faktor ini dan memanfaatkan ulasan pelanggan sebagai sumber daya yang berharga untuk meningkatkan kualitas layanan dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teori penilaian, kepuasan pelanggan, ulasan online
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris (D3)
Depositing User: Gede Widi Mahayana
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:35
Last Modified: 03 Jul 2025 04:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25171

Actions (login required)

View Item View Item