Dewi, Citra (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031054-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031054-ABSTRAK.pdf.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (456kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031054-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031054-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (452kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031054-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (15MB) |
Abstract
Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SDN Gugus I Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design dan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu kelas V SDN Gugus I Kuta Utara sebanyak 413 peserta didik, setelah menentukan populasi kemudian ditentukan dua sampel yang dipilih dengan random sampling atau dengan cara pengundian yaitu kelas V A SD No. 3 Dalung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 peserta didik dan kelas V B SD No. 1 Dalung sebagai kelompok kontrol sebanyak 34 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes objektif yang terdiri dari empat pilihan jawaban dan mengandung satu jawaban benar (a, b, c, atau d). Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Dari penghitungan didapatkan nilai rerata kelompok eksperimen = 84,90 sementara nilai rerata kelompok kontrol = 76,82. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji-t polled varians diperoleh hasil thitung = 4,46 > ttabel = 2,000 dengan dk = 64 dan taraf signifikansi 5%. Menurut kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarakan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dengan kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Karena nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol maka kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: problem based learning, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Oktaviani Citra Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 03:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 03:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2520 |
Actions (login required)
View Item |