Kirani, Puspa Tri (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KOGNITIF BEHAVORIAL DENGAN TEKNIK RESTUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA DI SMAN 1 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011011023_COVER.pdf Download (596kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011011023_ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011023_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2011011023_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011023_BAB 3 METOELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011023_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011023_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011023_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011011023_LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kecemasan akademik adalah bentuk perasaan takut, khawatir, saat menempuh akademik. Kecemasan akademik dapat mengganggu siswa dari segi kognisi, emosional, psikologis dan bahkan dapat mengurangi peforma siswa saat menjalani akademiknya. Layanan BK yang efektif, praktis dan sistematis diperlukan untuk membantu siswa dalam mereduksi kecemasan akademiknya. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian pengembangan yang tujuan penelitiannya guna mengembangkan produk panduan konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik pada siswa di SMAN 1 Mengwi. Panduan dibuat guna membantu guru BK/Konselor sekolah dalam melakukan intervensi konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik pada siswa di SMAN 1 Mengwi. Pengembangan panduan ini menerapkan model pengembangan 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji pakar pada panduan ini melibatkan 3 pakar yaitu dosen program studi bimbingan konseling FIP Undiksha sebagai judges. Peneliti melakukan uji validitas terhadap panduan yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji dengan pakar, ditemukan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi persyaratan dan layak untuk digunakan dalam mereduksi kecemasan akademik pada siswa di SMAN 1 Mengwi dengan nilai CVR berjumlah 18,00 dan CVI sebesar 1,00. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa panduan efektif dengan memperoleh nilai signifikansi uji-t 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak Ha diterima dengan nilai effect size 4,429. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa panduan konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukrusasi kognitif yang dikembangkan efektif dan praktis untuk mereduksi kecemasan akademik pada siswa di SMAN 1 Mengwi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecemasan akademik, konseling kognitif behavioral, konseling restrukturisasi kognitif. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Puspa Tri Kirani |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |