PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Santoso, Tri Budi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015071008-COVER.pdf

Download (645kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015071008- ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2015071008-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2015071008-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2015071008-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015071008-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2015071008-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015071008-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar mereka, terutama saat menyelesaikan tugas. Kemampuan ini mencakup keterampilan memahami, menganalisis, mengevaluasi, dan bertindak. Berdasarkan laporan World Economic Forum (WEC) tahun 2030, keterampilan yang paling dibutuhkan adalah kemampuan mengambil keputusan berdasarkan analisis. Penelitian bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Negeri 3 Singaraja. Sampel penelitian yaitu Kelas XI TKRO 01 dengan 31 siswa dan Kelas XI TKRO 02 dengan 33 siswa, totalnya 64 siswa dari program studi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Metode penelitian menggunakan desain semi-eksperimen dengan tes pretest dan posttest pada kedua kelas sebagai kelompok kontrol ganda. Hasil analisis menunjukkan Thitung sebesar 2,68 > Ttabel sebesar 1,66, dan p-value sebesar 0,004 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Saran yang dapat kami berikan; Bagi guru, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri secara konsisten karena terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Bagi siswa, Pembelajaran dengan model inkuiri membantu mereka lebih terlatih dalam berpikir kritis, meskipun kemampuan menarik kesimpulan masih perlu ditingkatkan. Bagi peneliti lain, model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan referensi untuk penelitian lanjutan dengan mempertimbangkan materi, durasi, dan penerapannya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa durasi pembelajaran mempengaruhi efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Inquiry, N- Gain skor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: TRI BUDI SANTOSO
Date Deposited: 09 Jul 2025 12:10
Last Modified: 09 Jul 2025 12:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item