DEVELOPING AN ONLINE FLIPBOOK FOR FACILITATING READING ACTIVITY IN AN INCLUSIVE CLASS AT THE FOURTH GRADE OF SDN 2 BENGKALA

Suputra, I Gede Riski (2025) DEVELOPING AN ONLINE FLIPBOOK FOR FACILITATING READING ACTIVITY IN AN INCLUSIVE CLASS AT THE FOURTH GRADE OF SDN 2 BENGKALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021214-COVER.pdf

Download (529kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021214-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021214-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021214-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021214-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021214-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021214-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021214-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran online flipbook digital interaktif yang mengintegrasikan elemen visual, bahasa isyarat, animasi, dan materi bacaan terstruktur untuk meningkatkan pemahaman membaca dan keterlibatan siswa kelas IV dalam kelas inklusi. Secara khusus, penelitian ini mengkaji jenis media bacaan Bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh siswa inklusi, desain online flipbook untuk digunakan di kelas inklusi, validitas isi dari online flipbook tersebut, serta kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai instrumen, seperti panduan wawancara analisis kebutuhan, panduan wawancara untuk guru dan siswa, jurnal peneliti, lembar penilaian kemajuan produk, lembar penilaian ahli, serta angket kepraktisan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa inklusi, khususnya yang memiliki gangguan pendengaran dan bicara, membutuhkan media bacaan yang kaya secara visual, interaktif, dan mudah diakses, dengan dukungan seperti bahasa isyarat dan teks sederhana. Online flipbook dirancang agar selaras dengan Kurikulum Merdeka dan mengandung fitur multimodal untuk mendorong pembelajaran mandiri dan lingkungan yang inklusif. Validasi dari ahli isi menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,65 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, yang menunjukkan bahwa konten dalam online flipbook relevan, mudah diakses, dan mendukung tujuan pembelajaran inklusif. Hasil uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,4375 dari siswa dan 4,5 dari guru, yang berarti online flipbook mudah digunakan, menarik, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca. Temuan ini menunjukkan bahwa online flipbook multimodal memiliki potensi besar sebagai alat pembelajaran yang bernilai dalam pendidikan inklusif untuk meningkatkan akses dan hasil belajar bagi siswa berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Membaca, Pendidikan Inklusif, Siswa Berkebutuhan Khusus, Online flipbook, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gede Riski Suputra
Date Deposited: 09 Jul 2025 00:12
Last Modified: 09 Jul 2025 00:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25257

Actions (login required)

View Item View Item