Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Menengah Pertama

Yanti, Ni Putu Tiara Pritha (2025) Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011003-COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011003-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (670kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011003-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran matematika abad ke-21 menuntut pendekatan yang kontekstual dan bermakna guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun, matematika masih sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan abstrak oleh siswa SMP. Salah satu pendekatan inovatif untuk mengatasi hal ini adalah etnomatematika, yakni integrasi elemen budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Bali, dengan kekayaan budaya yang dimilikinya, memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan etnomatematika sebagai sumber belajar, serta mengeksplorasi unsur-unsur budaya Bali yang relevan untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada guru pengampu mata pelajaran matematika di kelas VII, VIII, dan IX di lima sekolah, yaitu SMP N 1 Singaraja, SMP N 2 Singaraja, SMP N 3 Singaraja, SMP N 4 Singaraja, dan SMP N 6 Singaraja, dengan total jumlah guru sebanyak 32 orang. Hasil penelitan menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penerapan etnomatematika sebagai sumber belajar berada dalam kategori sangat baik pada tiga aspek: aspek kognitif dengan rata-rata skor 38.09, aspek afektif dengan rata-rata skor 36.00, dan aspek konatif dengan rata-rata skor 37.13. Temuan ini mengindikasikan bahwa guru memiliki sikap positif terhadap integrasi etnomatematika sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Jenis-jenis kebudayaan Bali yang teridentifikasi memiliki tingkat relevansi tinggi sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika antara lain: arsitektur bali, disusul oleh adat istiadat dan kerajinan tradisional bali. Diantara jenis-jenis budaya bali yang teridentifikasi tersebut dinilai memiliki relevansi terendah adalah seni pertunjukkan, dan permainan tradisional. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji unsur budaya lokal dari daerah lain dengan cakupan yang lebih luas, serta melakukan penelitian eksperimental guna menguji dampak etnomatematika terhadap hasil dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Budaya Bali, Persepsi Guru, Sumber Belajar Kontektual, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Tiara Pritha Yanti
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:21
Last Modified: 07 Jul 2025 07:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25273

Actions (login required)

View Item View Item