PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING MINDFULNESS VISUAL IMAGERY UNTUK MENURUNKAN GEJALA DEPRESI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Suari, Luh Putu Arycha Pradnya (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING MINDFULNESS VISUAL IMAGERY UNTUK MENURUNKAN GEJALA DEPRESI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011031-COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011031-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011031-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan buku panduan konseling mindfulness visual imagery untuk menurunkan gejala depresi pada siswa sekolah menengah pertama; (2) mengetahui validitas isi buku panduan; dan (3) menguji efektivitas panduan tersebut. Pengukuran validitas isi terhadap buku panduan dilakukan dengan 5 orang ahli yang terdiri dari 2 orang Dosen Bimbingan Konseling, 1 orang Dosen PGPAUD dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 1 Singaraja. Penilaian keberterimaan, kemudahan akses dan kebermanfaatan panduan dilakukan dengan instrumen skala Acceptability, Accessibility, dan Feasibility (AAF) yang terdiri dari 14 item, untuk menilai tingkat keberterimaan, kemudahan akses, dan kebermanfaatan panduan konseling tersebut. Analisis validitas isi menggunakan perhitungan Content Validity Index (CVI) menunjukkan skor sebesar 1. Hal ini mengindikasikan bahwa buku panduan yang dikembangkan memiliki tingkat validitas isi yang sangat baik dan diterima dengan kategori sangat baik. Penelitian ini menggunakan tiga siswa dengan kategori depresi sangat berat sebagai subjek penelitian. Uji efektivitas pada penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, hasil dari uji efektifitas buku panduan menyatakan bahwa buku panduan konseling mindfulness visual imagery efektif untuk menurunkan gejala depresi pada siswa. Hasil analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank menunjukkan nilai signifikansi p < 0,05. Ini mengindikasikan bahwa intervensi konseling mindfulness visual imagery secara signifikan efektif dalam menurunkan gejala depresi pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan1, Konseling Mindfulness2, Visual Imagery3, Depresi4
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Luh Putu Arycha Pradnya Suari
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:16
Last Modified: 08 Jul 2025 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25292

Actions (login required)

View Item View Item