PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP (STHL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEDIRI

Andewi, Kadek Dea (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP (STHL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011088-COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011088-ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011088-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011088-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011088-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011088-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011088-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011088-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011088-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan desain post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 317 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri yang tersebar di 9 kelas. Melalui teknik cluster random sampling, dipilih 2 kelas berjumlah 72 siswa sebagai sampel, masing-masing terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran STHL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Uji kesetaraan kelas dilakukan berdasarkan nilai sumatif akhir semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen sebesar 7.02, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 5.41. Uji statistik menunjukkan bahwa nilai t_hitung >t_tabel, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STHL berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa model STHL dapat menjadi model pembelajaran yang efektif dalam mendorong keterlibatan aktif, berpikir kritis, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Heroic, Leadership, Pemecahan Masalah Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Dea Andewi
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:25
Last Modified: 08 Jul 2025 01:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item View Item