Dharma, Ign. Anggara Surya (2025) PENGEMBANGAN CHATBOT UNTUK MAHASISWA DALAM PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA BERBASIS BAHASA PEMROGRAMAN PHP NATIVE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1915101023-COVER.pdf Download (861kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1915101023-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915101023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915101023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915101023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915101023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915101023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915101023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1915101023-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Program Pembinaan Mahasiswa Wirasusaha (P2MW) adalah Program yang memfasilistasi pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki prototipe produk atau sudah menjalankan usaha. Sebagian Mahasiswa Undiksha yang ingin mendapatkan informasi mengenai P2MW pastinya ingin mendapatkan informasi yang mudah, cepat, dan akurat. Untuk sumber informasi mengenai P2MW tersedia di buku panduan P2MW, akan tetapi Mahasiswa perlu membaca Informasi dengan membaca buku panduan sehingga hal itu memperlambat waktu. Berdasarkan permasalahan diatas tujuan dari penelitian ini adalah Pengembangan Chatbot dengan Rancang bangun Chatbot menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Native untuk Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Menguji kinerja Chatbot yang sudah dikembangkan dengan menggunakan metode Black Box dan Usability. Disini Peneliti menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif dengan dukungan Data Kualitatif, karena untuk mengukur kinerja Chatbot P2MW dengan menggunakan Metode Blackbox dan Usability Testing. Hasil Penelitian ini adalah Rancangan Chatbot P2MW menggunakan Flowchart dan Diagram blok serta Produk Chatbot P2MW dengan Output Respon Statis yaitu Respon dengan menggunakan Template hasil dari pengolahan Dataset, dan Respon Dinamis yaitu respon dengan menggunakan Model GPT 3.5. Untuk pengujian Black Box bagian Pengujian fitur didapatkan skor sebesar 100%, Sedangkan untuk pengujian Respon ketepatan dengan konsep P2MW diperoleh skor sebesar 72.727 %. untuk Pengujian Usability diperoleh nilai rata-rata Total Skor sebesar 46,2 dan rata–rata Nilai Indeks sebesar 92,53%. Untuk Hasil yang diharapkan dari Penelitian ini adalah Chatbot dapat memberikan Jawaban secara Cepat, Akurat, dan Relevan, sehingga dapat meningkatkan Efisiensi Chatbot Sebagai sarana informasi P2MW.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | P2MW, Informasi, Chatbot, PHP Native, GPT 3.5. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1) |
Depositing User: | Ign. Anggara Surya Dharma |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 09:14 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 09:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |