INVESTIGASI KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KOLOK DI SD INKLUSI NEGERI 2 BENGKALA

Wimas Damayanti, Ni Made Wimas (2025) INVESTIGASI KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KOLOK DI SD INKLUSI NEGERI 2 BENGKALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031229-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031229-ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031229-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031229-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031229-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031229-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031229-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031229-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031229-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Siswa tuna rungu di SD Inklusi Negeri 2 Bengkala belum mendapatkan pembelajaran IPA yang ideal. Mereka belajar bersama Guru Pendamping Khusus (GPK) dengan metode ceramah tanpa penyesuaian kurikulum, menggunakan buku paket dan video dari YouTube yang tidak dirancang khusus untuk siswa tuna rungu. Media yang digunakan terbatas pada gambar dan LKPD dari internet. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam memahami pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan belajar serta faktor penyebabnya pada siswa tuna rungu dalam pembelajaran IPA. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tuna rungu mengalami kesulitan memahami dan mengingat bahasa ilmiah/terminologi IPA, kesulitan memahami konsep IPA yang bersifat abstrak, dan kesulitan menerima informasi lisan terkait IPA. Faktor penyebabnya meliputi metode pembelajaran yang monoton, kurangnya media yang sesuai, rendahnya minat dan motivasi belajar, karakteristik individu yang berbeda, keterbatasan dukungan orang tua, keterbatasan kosakata atau padanan bahasa isyarat untuk istilah IPA, kurangnya perencanaan pembelajaran inklusi, dan pembelajaran yang tidak berdiferensiasi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang hambatan yang dialami siswa tuna rungu dalam pembelajaran IPA serta faktor-faktor yang memengaruhinya, yang diharapkan dapat menjadi dasar perbaikan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif bagi siswa dengan kebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar IPA, Siswa tunarungu, Pembelajaran inklusif.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Wimas Damayanti
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:18
Last Modified: 09 Jul 2025 05:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25314

Actions (login required)

View Item View Item