PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AR ASSEMBLR EDU DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN BUSUNGBIU

Kusuma, Putu Aris (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AR ASSEMBLR EDU DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN BUSUNGBIU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031261-COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031261-ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031261-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031261-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031261-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031261-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031261-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031261-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031261-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar IPAS yang rendah pada materi perubahan wujud zat di kelas IV SD Gugus II Kecamatan Busungbiu dikarenakan oleh kurangnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak. Pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah dan buku teks membuat siswa menjadi pendengar pasif tanpa kesempatan untuk bereksplorasi dan beimajinasi. Media pembelajaran berbasis teknologi tidak digunakan teknologi seperti Augmented Reality (AR) juga memperburuk pemahaman siswa terhadap proses perubahan wujud zat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media AR Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe non-equivalent pretest posttest only control group design. Populasi penelitian terdiri dari 91 siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Busungbiu. Pengambilan sampel secara acak digunakan untuk sampel, dengan 19 siswa berperan sebagai kelompok kontrol dan 28 siswa sebagai kelompok eksperimen. Ujian pilihan ganda berperan sebagai alat. Statistik deskriptif dan inferensial, seperti uji-t, digunakan untuk menganalisis data. H_0 ditolak sementara H_1 disetujui berdasarkan temuan uji, yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar sains siswa dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan media AR Assemblr Edu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPAS, Augmented Reality, Assemblr Edu, perubahan wujud zat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Aris Kusuma
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:57
Last Modified: 09 Jul 2025 06:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25378

Actions (login required)

View Item View Item