Wirawan, Nyoman Edy (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK INTERAKTIF BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031318-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031318-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031318-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031318-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031318-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031318-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031318-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031318-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031318-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book interaktif berbasis QR Code guna meningkatkan minat baca siswa kelas IV SD pada materi kekayaan budaya Indonesia dalam mata pelajaran IPAS. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca siswa yang berdampak pada hasil belajar yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Media ini divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta diuji coba kepada siswa SD Negeri 1 Kubutambahan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat valid dari aspek isi, desain, dan interaktivitas. Pop Up Book yang dikembangkan memiliki elemen visual tiga dimensi dan QR Code yang menghubungkan ke konten digital seperti video, audio, serta kuis edukatif. Hasil uji kepraktisan dan keefektifan menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan keterlibatan dan minat baca siswa secara signifikan. Media ini tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memfasilitasi pembelajaran yang lebih menyenangkan, eksploratif, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Dengan demikian, media Pop Up Book interaktif berbasis QR Code ini layak digunakan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop Up Book1, QR Code2, minat baca3, IPAS4, pengembangan media pembelajaran5. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nyoman Edy Wirawan |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:47 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |