PENGEMBANGAN E-KOMIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MUATAN IPAS CAHAYA DAN BUNYI DI SEKITAR KITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 PANJER DENPASAR SELATAN

Ayuning P, Tjok Istri Sri (2025) PENGEMBANGAN E-KOMIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MUATAN IPAS CAHAYA DAN BUNYI DI SEKITAR KITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 PANJER DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031383-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031383-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031383-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031383-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031383-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031383-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031383-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031383-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031383-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun e-komik berbasis problem based learning, (2) mendeskripsikan hasil kelayakan e-komik berbasis problem based learning menurut penilaian para ahli, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, dan (3) mengetahui efektivitas e-komik berbasis problem based learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner dan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini melalui tahap (1) Rancang bangun berupa media elektronik berupa e-komik berbasis problem based learning berdasarkan rancang bangun yang dirancang melalui beberapa tahapan yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) Uji kelayakan media e-komik berbasis problem based learning menurut ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 96,78% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 86,35% dengan kualifikasi baik, uji coba kelopok kecil memperoleh skor 82,32% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian media elektronik berupa e-komik berbasis problem based learning dinyatakan layak. (3) Uji efektivitas menggunakan 30 orang peserta didik memperoleh thitung sebesar 2..7111 untuk ttabel dk = 29 dan taraf signifikansi 5% = 2,045. Hal ini berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berbunyi hasil rata-rata post-test siswa lebih dari nilai BSKAP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk e-komik berbasis problem based learning efektif untuk digunakan pada muatan IPAS materi cahaya dan bunyi di sekitar kita kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem based learning, IPAS, Cahaya dan Bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Tjok Istri Sri Ayuning Pramesti
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:47
Last Modified: 09 Jul 2025 06:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25382

Actions (login required)

View Item View Item