Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Karakter Mandiri dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SD Gugus Bhisma Kecamatan Banjarangkan

Sugawa, Komang Agus Lanang (2025) Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Karakter Mandiri dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SD Gugus Bhisma Kecamatan Banjarangkan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031514-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031514-ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031514-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031514-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031514-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031514-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031514-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031514-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031514-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode demonstrasi berbantuan media audiovisual terhadap karakter mandiri dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD gugus bhisma kecamatan banjarangkan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus Bhisma kecamatan Banjarangkan Klungkung yang berjumblah 138 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 sekolah yang terdapat di Gugus Bhisma dimana sebelum memilih sampel peneliti menguji kesetaraan seluruh siswa di Gugus Bhisma dan mendapatkan hasil bahwa SD Negeri 1 Banjarangkan sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode demonstrasi berbantuan audiovisual dan SD Negeri 3 Banjarangkan sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitiang yang dikumpulkan menggunakan metode non tes dan tes berupa kuesioner dan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji Manova). Berdasarkan hasil Uji Manova dapat dilihat bahwa nilai signifikan untuk hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05 dan karakter mandiri sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian dari hasil uji Manova secara simultan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan media audiovisual terhadap karakter mandiri dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Gugus Bhisma Kecamatan Banjarangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, Media Audiovisual, Karakter Mandiri, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Agus Lanang Sugawa
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:21
Last Modified: 09 Jul 2025 07:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25383

Actions (login required)

View Item View Item