Wulandari, Putu Indah (2025) IMPROVING 7th GRADE STUDENTS' SPEAKING SKILLS THROUGH ROLE REVERSAL TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) INTEGRATED WITH QUESTIONING ACTIVITIES AT SMPN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2012021194-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2012021194-ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021194-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021194-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021194-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021194-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021194-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021194-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2012021194-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII9 di SMPN 2 Singaraja melalui metode Role Reversal Total Physical Response dan Questioning Activities (RR TPR-QA). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini melibatkan 36 orang siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus 1 fokus pada kalimat positif dalam Present Continuous Tense, sementara Siklus 2 mengajarkan kalimat negatif. Penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara dalam aspek kosakata, pelafalan, tata bahasa, dan kelancaran. Rerata nilai pre-test siswa adalah 58,53, yang meningkat menjadi 72,80 setelah Siklus 1 dan 82,90 setelah Siklus 2 . Temuan dari penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya mengenai penggunaan metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang menunjukkan bahwa tindakan fisik yang dilakukan siswa sebelum mengucapkan kalimat membantu meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Meskipun penggunaan pertanyaan setelah aktivitas fisik tidak dibahas langsung dalam literatur TPR, konsep ini sejalan dengan teori Comprehensible Input dari Krashen, yang menekankan pentingnya pemahaman sebelum produksi, yang berfungsi sebagai bantuan bertahap bagi siswa untuk mencapai tujuan yang sulit dicapai tanpa bantuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Action Research (CAR), Questioning Activities, Role Reversal Total Physical Response, Speaking Skills. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | PUTU INDAH WULANDARI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 00:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 00:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |