Agustini, Made Ari Dwita (2025) ANALYSIS OF COHERENCE AND COHESION IN PARAGRAPHS OF STUDENTS' GRADE X AT SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021085-COVER.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021085-ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021085-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021085-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021085-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis koherensi dan kohesi dalam paragraf yang ditulis oleh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kubutambahan. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran eksplanatori berurutan, yang menggabungkan pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling, di mana beberapa kelas dipilih secara acak dari seluruh populasi kelas yang ada di sekolah tersebut. Dari kelas-kelas yang terpilih, kelas 10-3 dipilih sebagai sampel penelitian. data utama dalam penelitian ini berupa paragraf recount yang ditulis oleh siswa yang kemudian dianalisis menggunakan pendekatan skor kuantitatif dan analisis isi kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu menunjukkan tingkat koherensi yang kuat dalam tulisan mereka. hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor koherensi sebesar 80, yang mencerminkan struktur ide yang baik dan keterkaitan antar kalimat yang jelas. secara keseluruhan, paragraf recount yang ditulis oleh siswa kelas X menunjukkan kualitas yang baik dari segi koherensi. temuan ini menegaskan pentingnya peran guru bahasa inggris dalam membimbing siswa untuk memahami pentingnya koherensi dan kohesi dalam menulis. guru perlu memiliki kemampuan evaluatif yang baik dalam aspek tersebut agar dapat membimbing dan meningkatkan kemampuan menulis siswa secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koheren, Kohesion, Paragraf Recount |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Made Ari Dwita Agustini |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 00:54 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |