Olifar, Harley Davaro (2025) Pengaruh Model Means-Ends Analysis (MEA) Berbantuan Liveworksheets Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011002-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011002-ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 11 kelas kemudian akan diambil 2 kelas dengan sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas VII Taruna Jaya sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan Liveworksheets dan kelas VII Cempaka sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan lembar kerja. Data kemampuan berpikir kritis matematis siswa diperoleh dari hasil post-test berupa soal uraian dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,805. Uji Hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai t_hitung sebesar 3,399 dengan taraf 5% dan t_tabel sebesar 1,667, maka t_hitung>t_tabel yang artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sehingga kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan Liveworksheets lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional berbantuan lembar kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA), Liveworksheets, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Harley Davaro Olifar |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 04:03 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 04:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |