PENGEMBANGAN CHATBOT “AKASHA” BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN C-RAG UNTUK INFORMASI AKADEMIK UNDIKSHA

Sudiartika, I Gede (2025) PENGEMBANGAN CHATBOT “AKASHA” BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN C-RAG UNTUK INFORMASI AKADEMIK UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115101080-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115101080-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115101080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115101080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115101080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115101080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115101080-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115101080-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115101080-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran teknologi informasi dalam layanan akademik di perguruan tinggi menjadi aspek penting dalam meningkatkan efisiensi pencarian informasi. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memiliki berbagai sumber informasi akademik, seperti pedoman akademik dan kalender akademik, yang sering kali sulit diakses secara manual oleh mahasiswa. Berdasarkan survei terhadap 300 mahasiswa Undiksha, 73% mengalami kesulitan dalam mencari informasi akademik dengan waktu pencarian rata-rata 5-10 menit. Untuk mengatasi permasalahan ini, chatbot berbasis Model Bahasa Besar (Large Language Model/LLM) menjadi solusi inovatif. Meski demikian, LLM masih memiliki keterbatasan seperti kecenderungan mengalami halusinasi dalam memberikan jawaban. Oleh karena itu, pendekatan Retrieval-Augmented Generation (RAG) diterapkan untuk meningkatkan akurasi pencarian informasi dengan menggabungkan data internal kampus dalam proses generasi teks. RAG kemudian berkembang dengan adanya konsep Corrective RAG yang menambahkan komponen koreksi baik untuk meningkatkan hasil pencarian (retrieval) ataupun menghasilkan jawaban (generation). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan chatbot informasi akademik Undiksha dengan pendekatan Corrective RAG. Chatbot ini terdiri dari empat tahapan yang diimplementasikan dalam agen yaitu Query Expansion Agent (perluasan singkatan), Retrieval Agent (Pengambilan informasi internal), Corrective Agent (Mengambil informasi yang relevan dan terbaru), dan Generator Agent (menghasilkan jawaban akhir dan profiling sebagai chatbot). Evaluasi terhadap chatbot dilakukan menggunakan metrik RAGAS yang terdiri dari Context Precision, Context Recall, Faithfulness, dan Response Relevancy. Pada metrik Context Precision mendapatkan hasil 0,78 atau 78%, metrik Context Recall sebesar 0,85 atau 85%, metrik Faithfulness sebesar 0,87 atau 87%, dan metrik Response Relevancy sebesar 0,86 atau 86%. Selain itu juga dilakukan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan aspek Attractiveness (Daya Tarik) didapatkan skor 1.84, Perspicuity (Kejelasan) dengan skor 1.86, Efficiency (Efisiensi) dengan skor 1.62, Dependability (Keandalan) dengan skor 1.80, Stimulation (Stimulasi) dengan skor 1.82 dan Novelty (Kebaruan) dengan skor 1.69. Aspek Attractiveness, Perspicuity dan Efficiency mendapatkan nilai “Baik” pada benchmark UEQ sedangkan Dependability, Stimulation, dan Novelty mendapat nilai “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Link Chatbot: https://akasha.ganeshaku.my.id
Uncontrolled Keywords: Chatbot akademik, Large Language Model (LLM), Retrieval-Augmented Generation (RAG), Corrective RAG (CRAG).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1)
Depositing User: I Gede Sudiartika
Date Deposited: 10 Jul 2025 09:46
Last Modified: 10 Jul 2025 09:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25424

Actions (login required)

View Item View Item