Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Tri Hita Karana pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Sindha Arya Niti, Ni Wayan (2025) Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Tri Hita Karana pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1811031142-COVER)
1811031142-COVER.pdf

Download (503kB)
[img] Text (1811031142-ABSTRAK)
1811031142-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (1811031142-BAB I PENDAHULUAN)
1811031142-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (1811031142-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1811031142-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (1811031142-BAB III METODE PENELITIAN)
1811031142-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (1811031142-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1811031142-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (1811031142-BAB V PENUTUP)
1811031142-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (1811031142-DAFTAR PUSTAKA)
1811031142-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (1811031142-LAMPIRAN)
1811031142-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun, menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar berbentuk Flipbook interaktif berbasis Tri Hita Karana guna meningkatkan literasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Penglatan dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket validasi, angket kepraktisan, serta pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, lembar kepraktisan guru dan siswa, serta soal tes literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sangat valid, praktis, dan efektif. Validasi dari ahli isi mencapai 97,30%, ahli desain 88,00%, dan ahli media 96,00%. Uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata 90,22% (perorangan), 93,11% (kelompok kecil), dan 96,00% (respon guru). Hasil uji efektivitas melalui paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung -13,315, yang berarti terdapat peningkatan signifikan literasi setelah menggunakan Flipbook. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa media ajar digital yang mengangkat kearifan lokal seperti Tri Hita Karana mampu menjembatani pembelajaran literasi secara bermakna, tidak hanya secara kognitif tetapi juga afektif. Flipbook interaktif ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang mengintegrasikan nilai budaya, teknologi, dan pembentukan karakter. Pengembangan media digital serupa sangat direkomendasikan untuk memperkaya pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flipbook, Tri Hita Karana, Literasi, Bahasa Indonesia, Bahan Ajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Sindha Arya Niti
Date Deposited: 10 Jul 2025 11:28
Last Modified: 10 Jul 2025 11:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25425

Actions (login required)

View Item View Item