COHERENCE AND COHESION: AN ANALYSIS OF ARGUMENTATIVE TEXT WRITTEN BY THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMAN 2 SINGARAJA

Apriani, Komang (2025) COHERENCE AND COHESION: AN ANALYSIS OF ARGUMENTATIVE TEXT WRITTEN BY THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMAN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021051_COVER (2).pdf

Download (686kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021051_ABSTRAK (1).pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021051_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021051_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021051_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021051_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021051_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021051_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021051_LAMPIRAN.pdf

Download (950kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mendeskripsikan komponen koherensi dan kohesi dalam teks argumentative yang ditulis oleh siswa kelas XI di SMAN 2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan komponen koherensi dan kohesi dalam teks argumentative yang ditulis oleh siswa kelas XI di SMAN 2 Singaraja. Dalam penelitian ini, 30 siswa berpartisipasi untuk memenuhi tujuan penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode pengumpulan data, dengan menggunakan metode pengumpulan data, dengan meringkas tulisan teks argumentative siswa yang sebelumnya ditulis oleh siswa. Data dianalisis dengan menggunakan metode campuran sekuensial eksplanatori, yang menggabungkan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat koherensi siswa berada pada kategori baik, karena rata-rata hasil penilaian akhir tulisan siswa adalah 83%. Sebagian besar teks siswa telah memenuhi komponen penilaian koheren seperti adanya kalimat topik, kalimat pendukung, dan menggunakan struktur teks argumentative yang lengkap dan tepat. Berikutnya adalah hasil analisis kohesi yang menunjukkan bahwa perangkat kohesi yang paling banyak muncul adalah kohesi leksikal dengan persentase 51,35%, kemudian disusul oleh Konjungsi dengan persentase 33,97%, Referensi dengan persentase 14,64%, dan Substitusi dan Elipsis dengan persentase 0%. Ellipsis dengan persentase 0%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas XI di SMAN 2 Singaraja telah mampu menerapkan koherensi dan kohesi dalam tulisannya. Hal ini terlihat dari penggunaan kalimat topik. Kata kunci: Koherensi, Kohesi, Teks Argumentative

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Koherensi, Kohesi, Teks Argumentatif
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: KOMANG APRIANI
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:34
Last Modified: 11 Jul 2025 02:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25439

Actions (login required)

View Item View Item