Denria, Nyoman Trisya Krisna Putri (2025) ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA (STUDI KASUS: SD DI DESA PENGLATAN). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011024-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011024-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011024-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematis siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi dan solusi yang dapat diberikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dari SD Negeri 1 Penglatan, SD Negeri 2 Penglatan, dan SD Negeri 3 Penglatan yang diklasifikasikan dalam tiga kategori kemampuan, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui tes literasi matematis tipe AKM dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori tinggi mampu memenuhi ketiga indikator literasi matematis OECD secara optimal. Siswa kategori sedang memenuhi ketiga indikator, tetapi belum sempurna dalam menggunakan konsep, fakta, prosedur dan alasan matematika, serta menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Siswa kategori rendah mengalami kesulitan sejak tahap awal pemahaman soal, sehingga mampu memenuhi satu indikator awal saja. Faktor yang memengaruhi literasi matematis meliputi aspek kognitif, afektif dan psikologis, serta lingkungan. Solusi yang disarankan mencakup pemberian soal yang bersifat bertahap, penggunaan media pembelajaran, serta pendekatan kolaboratif melalui diskusi atau kerja kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi matematis, faktor, solusi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Nyoman Trisya Krisna Putri Denria |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 04:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 04:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |