Mahesa, I Nyoman Trisna (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113021005-COVER.pdf Download (891kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113021005-ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113021005-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada pengkajian perbedaan tingkat literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan melalui model problembased learning dengan model direct instruction. Data dihimpun melalui intrumen tes esai baik untuk literasi sains maupun keterampilan berpikir kritis dengan masing-masing 10 butir soal. Pengetahuan awal literasi sains dan keterampilan berpikir kritis diperoleh lewat pretest. Nilai akhir keterampilan berpikir kritis serta literasi sains siswa diukur menggunakan posttest. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment yang melibatkan dua variabel terikat yakni literasi sains serta keterampilan berpikir kritis, satu variabel bebas dengan dua dimensi yaitu model problem-based learning berbantuan PhET dan model direct instruction, serta dua kovariat yakni pengetahuan awal literasi sains juga keterampilan berpikir kritis. Untuk menguji hipotesis, digunakan analisis statistik multivariate analysis of covariance (MANCOVA). Uji multivariate tests (Wilks' Lambda) menghasilkan nilai p = 0,000 yang kurang dari tingkat keberartian 5% dengan efek ukuran partial eta squared = 0,173, mengindikasikan secara multivariat, ditemukan perbedaan yang bermakna secara statistik antara kelompok yang memperoleh perlakuan dan kelompok yang tidak mendapatkan intervensi pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa perlakuan problem-based learning berbantuan PhET efektif mendukung literasi sains juga keterampilan berpikir kritis secara simultan. Secara terpisah, uji tests of between-subjects’ effects pada variabel keterampilan berpikir kritis menunjukkan nilai F = 9402,051 (p = 0,000), sementara pada literasi sains diperoleh F = 1458,047 (p = 0,000). Hasil ini mengonfirmasikan ditemukan perbedaan yang bermakna secara statistik antara kelompok eksperimen yang menggunakan model problem-based learning berbantuan PhET dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan model direct instruction pada masing-masing variabel terikat. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan problem-based learning berbantuan PhET sebagai model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi sains juga keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi sains, keterampilan berpikir kritis, PhET, problem-based learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Trisna Mahesa |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:42 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |