ayuanjani, luhputu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA TAHUN AJARAN 2019/2020. Discussion Paper. Universitas pendidikan Ganesha. (Unpublished)
Text (COVER)
1611031366-COVER.pdf Download (308kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031366-ABSTRAK.pdf.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031366-BAB1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031366-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031366-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031366-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031366-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031366-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (140kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031366-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul pangaruh dari model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2019/2020 ini beritikat untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model tersebut terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini tergolong jenis kuantitatif memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 244 orang dari 7 kelas. Menggunakan Teknik acak atau random sampling dalam penarikan sampel.Sampel dalam penelitan ini sebanyak siswa kelas IV SD Negeri 9 Padangsambian sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak kelas IV SD Negeri 2 Padangsambian sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 33 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data thitung = 7,542 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang diajarakan dengan model pembelajran Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret dengan siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Komyang Sujana Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan temuan penelitian, penelitian ini disarankan agar dijadikan dalam referensi untuk melaksanakan penelitian kepada peneliti lain atau menemukan inovasi kegiatan belajar mengajar lainnya yang memacu peningkatan kualitas pendidikan
Item Type: | Monograph (Discussion Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning ,kompetensi pengetahuan ,IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Ayu Anjani |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 00:56 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2554 |
Actions (login required)
View Item |