Sagala, Mutiara Marcella Br (2025) Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 6 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011081_COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011081_ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011081_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011081_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011081_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011081_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011081_BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011081_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011081_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Reciprocal Teaching berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 dan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas VIII 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Reciprocal Teaching berbantuan liveworksheet dan kelas VIII 10 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian mengungkap bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata skor post-test sebesar 76,63, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor posttest sebesar 68,13. Hasil uji hipotesis yang menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,002 dimana 0,002 < 0,05. Hal ini mengindikasikan terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Reciprocal Teaching berbantuan liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hal tersebut, dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model Reciprocal Teaching berbantuan liveworksheet lebih tinggi draripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model reciprocal teaching, liveworksheet, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mutiara Marcella Br Sagala |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:05 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |