Setyawan, I Nyoman Agus Galih Setyawan (2025) Anteseden Hasil Kerja Guru SMP Negeri 1 Busungbiu. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2117041118-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2117041118-ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117041118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117041118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117041118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117041118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2117041118-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117041118-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2117041118-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Guru memiliki peran penting dalam menentukan kualitas pembelajaran di sekolah. Dalam menjalankan tugasnya, guru menghadapi berbagai tantangan baik dari internal maupun eksternal seperti perbedaan karakteristik siswa, pekerjaan administrasi yang beragam, tantangan untuk beradaptasi dengan teknologi dan perubahan kurikulum. Guru di SMP Negeri 1 Busungbiu berhasil memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dan sasaran kerja pegawai (SKP) setiap semester dan menunjukkan hasil kerja yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang memicu baiknya hasil kerja guru meski dihadapkan dengan berbagai tantangan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana dimensi pekerjaan mempengaruhi kondisi psikologis guru sehingga guru mampu memperoleh hasil kerja yang diharapkan meski menghadapi berbagai tantangan. Subjek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Busungbiu, serta objek penelitian ini adalah job characteristics model yang merupakan model desain pekerjaan yang memprediksi individu berhasil dalam pekerjaan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan dimensi variasi keterampilan, identitas tugas, signifikansi tugas dan umpan balik mendorong guru untuk dapat merasakan makna dari pekerjaannya ketika guru mendapati pekerjaannya menyenangkan, dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru baik melalui tahapan dalam bekerja maupun melalui umpan balik, serta ketika pekerjaannya memberikan dampak yang positif kepada orang lain. Dimensi Identitas tugas, signifikansi tugas dan otonomi secara bersama-sama mendorong guru dalam merasakan tanggung jawab atas hasil kerja melalui kebebasan menggunakan metode dan media pembelajaran, serta melalui dampak positif yang guru berikan kepada orang lain. Dimensi umpan balik menjadi satu satunya dimensi yang mendorong guru dalam memiliki pengetahuan tentang hasil kerja melalui aktivitas penilaian dan evaluasi dari rekan guru serta kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dimensi pekerjaan, guru, hasil kerja, job characteristics model, kondisi psikologis. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Manajemen (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Agus Galih Setyawan |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 00:51 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |