PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV GUGUS BISMA KECAMATAN BANJARANGKAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Brahmani, Luh Senja (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV GUGUS BISMA KECAMATAN BANJARANGKAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031438-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031438-ABSTRAK.pdf

Download (660kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031438-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (598kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031438-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031438-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031438-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031438-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031438-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031438-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Model ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 156 seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan. Sampel diambil dengan Teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Banjarangkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjarangkan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Metode pengumpulan data tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan Teknik analisis uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai pre-test pada kelompok eksperimen 61,31 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata nilai pre-test pada kelompok kontrol 53,38 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 80,37 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 73,03 yang berada pada kategori cukup. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,68 dan ttabel = 2,01 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 27 + 28 -2 = 53. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel = (2,68 > 2,01) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV Gugus Bisma Kecamatan Banjarangkan Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Student Teams Achievement Divisions, Wordwall, Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Senja Brahmani
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:57
Last Modified: 14 Jul 2025 07:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25567

Actions (login required)

View Item View Item