GAYATRIYANI, LUH MIA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031147-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031147-ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031147-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031147-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031147-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
2111031147-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031147-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031147-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031147-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun media e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik, (2) mengetahui validitas media e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik, (3) mengetahui kepraktisan media e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik, dan (4) mengetahui efektivitas media e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas memperoleh indeks validitas materi secara keseluruhan sebesar 3,85 dan validitas media secara keseluruhan sebesar 3,78 dengan kualifikasi sangat baik, (2) Tingkat kepraktisan oleh guru sebesar sebesar 95,83%, dengan kualifikasi sangat baik dan tingkat kepraktisan oleh siswa sebesar 98,61% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Hasil uji efektivitas media e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik memperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000 atau (2-tailed) < 0,05, artinya media e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa media e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS topik perubahan wujud benda
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-komik interaktif, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis, IPAS. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Mia Gayatriyani |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:34 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |