PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Dewi, Ni Luh Putu Sintya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113021004-COVER.pdf

Download (462kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021004-ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2113021004-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2113021004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2113021004-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2113021004-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021004-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran CORE berbantuan scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest posttest control-group. Penelitian dilakukan pada siswa SMA Negeri 1 Baturiti pada kelas X semester genap pelajaran 2024/2025, dengan jumlah populasi sebanyak 153 siswa. Sampel penelitian berjumlah dua kelas setelah dilakukan pemilihan secara random sampling. Jumlah sampel total sebanyak 62 siswa. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas X2 mendapat perlakuan model pembelajaran CORE berbantuan scaffolding. Kelompok kontrol yaitu siswa kelas X3 mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan pokok bahasan energi terbarukan berupa pilihan ganda beralasan yang berjumlah 20 soal. Rentang konsistensi internal butir r=0,378-0.689 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,894 dengan kualifikasi sangat tinggi. Skor kemampuan pemahaman konsep dianalisis dengan uji varians ANAKOVA satu jalur. Hasil uji menunjukkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima berdasarkan nilai signifikansi pada variabel model pembelajaran p=0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikan. Taraf signifikan yang digunakan adalah a=0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran CORE berbantuan scaffolding dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Ditunjukkan pengaruh model pembelajaran yang sangat kuat terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan R square = 0,925. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE berbantuan scaffolding berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE berbantuan scaffolding layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran CORE, scaffolding, model pembelajaran konvensional, kemampuan pemahaman konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Sintya Dewi
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:34
Last Modified: 15 Jul 2025 07:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item