PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PANCA PRAMANA TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV SD DI DESA APUAN

Arisandi, Ni Made Alit (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PANCA PRAMANA TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV SD DI DESA APUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031290-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031290-ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031290-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031290-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031290-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031290-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031290-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031290-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031290-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh model pembelajaran Panca Pramana terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD di Desa Apuan, (2) pengaruh model pembelajaran Panca Pramana terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas IV SD di Desa Apuan, dan (3) pengaruh secara simultan model pembelajaran Panca Pramana terhadap kemampuan literasi sains dan bernalar kritis siswa kelas IV SD di Desa Apuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan dengan rancangan Nonequivalent Pre-Test Post Test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD di Desa Apuan, yang terdiri atas SD Negeri 1 Apuan, SD Negeri 2 Apuan, dan SD Negeri 3 Apuan dengan jumlah siswa 34 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh kelas IV SD Negeri 2 Apuan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 3 Apuan sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dengan tes literasi sains dan bernalar kritis. Data dianalisis menggunakan Manova satu jalur dengan bantuan program SPSS 26.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan literasi sains antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Panca Pramana dan tanpa model pembelajaran Panca Pramana pada siswa kelas IV SD di Desa Apuan, (2) terdapat perbedaan kemampuan bernalar kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Panca Pramana dan tanpa model pembelajaran Panca Pramana pada siswa kelas IV SD di Desa Apuan, dan (3) terdapat perbedaan kemampuan literasi sains dan kemampuan bernalar kritis secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Panca Pramana dan tanpa model pembelajaran Panca Pramana pada siswa kelas IV SD di Desa Apuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Panca Pramana, literasi sains, bernalar kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Alit Arisandi
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:38
Last Modified: 16 Jul 2025 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25618

Actions (login required)

View Item View Item