THE EFFECT OF QUILLBOT TOWARDS THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS’ WRITING SKILLS AND ACADEMIC INTEGRITY

Yuliandari, Ketut Ayu Swati Pramitha (2025) THE EFFECT OF QUILLBOT TOWARDS THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS’ WRITING SKILLS AND ACADEMIC INTEGRITY. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081031-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081031-ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081031-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yuliandari, Ketut Ayu Swati Pramitha (2025). The Effect of QuillBot Towards Eleventh-Grade Students’ Writing Skills and Academic Integrity. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Keywords: QuillBot, Keterampilan Menulis, Integritas Akademik Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan QuillBot terhadap keterampilan menulis dan integritas akademik siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan desain explanatory sequential mixed-methods, yang diawali dengan tahap kuantitatif melalui pre-test, post-test, dan angket integritas akademik yang dianalisis menggunakan uji MANOVA. Tahap ini dilanjutkan dengan tahap kualitatif menggunakan analisis deskriptif berdasarkan Cresswell (2012) untuk mengeksplorasi persepsi siswa melalui wawancara. Validitas instrumen dikonfirmasi melalui penilaian ahli dan uji Pearson Product Moment, sementara itu, reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha (0.851). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh simultan yang signifikan dari QuillBot terhadap keterampilan menulis dan integritas akademik siswa kelas XI (Sig. 0.00 < 0.05); (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis antar kelompok; dan (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap integritas akademik antar kelompok. Data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara memberikan wawasan lebih mendalam tentang persepsi siswa terhadap peran QuillBot dalam meningkatkan keterampilan menulis dan menjaga integritas akademik. Wawancara menunjukkan bahwa QuillBot membantu meningkatkan keterampilan menulis dan kesadaran terhadap integritas akademik ketika digunakan secara etis dan dengan dengan bimbingan guru. Integrasi yang efektif memerlukan penggunaan yang terstruktur serta kebijakan yang jelas untuk mencegah penyalahgunaan dan mendorong pembelajaran yang bertanggung jawab. Temuan ini menyarankan bahwa meskipun QuillBot dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan keterampilan menulis, dampaknya terhadap integritas akademik bergantung pada penggunaan yang etis dan pengawasan yang tepat. Studi ini diakhiri dengan rekomendasi untuk mengintegrasikan QuillBot dalam lingkungan Pendidikan dengan penekanan pada pentingnya pedoman yang jelas dan keterlibatan guru untuk memastikan penggunaan yang bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: QuillBot, Keterampilan Menulis, Integritas Akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ketut Ayu Swati Pramitha Yuliandari
Date Deposited: 16 Jul 2025 09:51
Last Modified: 16 Jul 2025 09:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25624

Actions (login required)

View Item View Item