Dewi, Ni Luh Putu Nopita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS GESTUR YANG MEMESONA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA GURU-GURU DI SD NO. 3 SANGEH KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031195-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031195-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031195-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031195-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031195-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031195-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031195-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031195-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031195-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kualitas isi, desain, media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil serta efektivitas media video gestur memesona dalam proses pembelajaran pada guru-guru di SD No.3 Sangeh. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli materi/isi, ahli desain, dan ahli media serta 9 orang guru di SD No.3 Sangeh. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan angket observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa: (1) kualitas hasil uji rancang bangun diperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji ahli dan uji pengguna dieroleh sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi materi diperoleh skor 93,752% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji ahli desain diperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji ahli media diperoleh skor 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perseorangan diperoleh skor 97,14% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 97,15% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil uji efektivitas produk melalui uji hipotesis teknik uji-t dengan hasil signifikansi (2-tailed) untuk keterampilan gestur guru sebesar 0,001. Nilai ini lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau (p < 0,05), sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. sehingga hasilnya adalah signifikan (ada perbedaan yang signifikan). Perbedaan tersebut diduga kuat karena penggunaan media video gestur memesona. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media video gestur memesona efektif digunakan sebagai referensi atau sumber ilmu ilmu guru- guru dalam penggunaan gestur atau bahasa tubuh yang memesona dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: video gestur, guru memesona, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Nopita Dewi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |