Analisis Perkembangan Usaha Jasa Penjahit di Kecamatan Buleleng

Siwantari, Ni Luh Eva (2025) Analisis Perkembangan Usaha Jasa Penjahit di Kecamatan Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2117011060-COVER.pdf

Download (572kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2117011060-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117011060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117011060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117011060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117011060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2117011060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117011060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2117011060-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan usaha jasa penjahit di Kecamatan Buleleng serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode triangulasi, yaitu menggabungkan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap 10 (sepuluh) pelaku usaha jasa penjahit yang dipilih secara purposive berdasarkan kriteria penelitian. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara induktif. Fokus penelitian diarahkan pada 4 (empat) faktor utama yang memengaruhi perkembangan usaha, yaitu karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran, dan lokasi usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan usaha jasa penjahit di Kecamatan Buleleng umumnya mengalami tren positif yang didukung oleh motivasi, kreativitas, serta ketekunan pelaku usaha. Namun, masih ditemukan berbagai hambatan seperti keterbatasan modal, belum optimalnya pencatatan keuangan, serta rendahnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Strategi pemasaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan loyalitas pelanggan menjadi faktor penting dalam mempertahankan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perkembangan usaha, usaha jasa penjahit, karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran, lokasi usaha, Kecamatan Buleleng.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Ni Luh Eva Siwantari
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:39
Last Modified: 17 Jul 2025 07:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25696

Actions (login required)

View Item View Item