PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TATA SURYA BERMUATAN KATA KOLOK (PLANET DALAM JARI) UNTUK PEMBELAJARAN INKLUSI KELAS VI DI SDN 2 BENGKALA

Parmawati, Ni Nyoman Desi (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TATA SURYA BERMUATAN KATA KOLOK (PLANET DALAM JARI) UNTUK PEMBELAJARAN INKLUSI KELAS VI DI SDN 2 BENGKALA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER_2111031297)
COVER_2111031297.pdf

Download (793kB)
[img] Text (ABSTRAK_2111031297)
ABSTRAK_2111031297.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN_2111031297)
BAB 1 PENDAHULUAN_2111031297.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI_2111031297)
BAB II KAJIAN TEORI_2111031297.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN_2111031297)
BAB III METODE PENELITIAN_2111031297.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN_2111031297)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN_2111031297.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP_2111031297)
BAB V PENUTUP_2111031297.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA _2111031297)
DAFTAR PUSTAKA_2111031297.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN_2111031297)
LAMPIRAN_2111031297.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran visual video animasi tata surya bermuatan kata kolok (planet dalam jari) untuk pembelajaran inklusi kelas VI di SDN 2 Bengkala, setelah di kembangkannya produk maka tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari video animasi bermuatan bahasa isyarat kata kolok pada materi sistem tata surya dalam pembelajaran IPA siswa inklusi kelas VI di SDN 2 Bengkala. Penelitian ini mengadaptasi model ADDIE yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data melalui analisis kebutuhan dengan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis validitas produk memperoleh nilai ahli materi 0,93 dan ahli media 0,95 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi. Analisis kepraktisan melalui respon guru diperoleh persentase 91% dengan kualifikasi sangat baik dan respon siswa diperoleh persentase 83,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa video animasi tata surya bermuatan kata kolok (planet dalam jari) untuk pembelajaran inklusi kelas VI di SDN 2 Bengkala layak dan praktis diterapkan sebagai media pembelajaran IPA materi sistem tata surya untuk siswa inklusi kelas VI di SDN 2 Bengkala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: 1.video animasi, 2.sistem tata surya, 3.bahasa isyarat,4. kata kolok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Desi Parmawati
Date Deposited: 21 Jul 2025 00:53
Last Modified: 21 Jul 2025 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25762

Actions (login required)

View Item View Item