Lumbantobing, Steffie Grace (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PADANGBULIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021017-COVER.pdf Download (726kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021017-ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021017-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berpendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri 2 Padangbulia. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan metakognitif siswa yang didasari dengan kurangnya kesadaran dalam proses belajar, lemahnya kemampuan merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model Hannafin dan Peck yang memiliki tiga tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan-implementasi. Produk dikembangkan dalam bentuk video pembelajaran pada materi "My Classroom is Clean" dengan format MP4, dilengkapi teks, suara, animasi, dan konteks kehidupan nyata. Hasil validasi menunjukkan bahwa video pembelajaran dikategorikan sangat valid oleh ahli isi (95%), ahli desain (90%), dan ahli media (92%). Uji kepraktisan memperoleh respons sangat praktis dari guru (100%) dan siswa (98%). Untuk menguji efektivitas produk, dilakukan uji pretest dan posttest terhadap 30 siswa. Hasil menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 64,4, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 87,2. Berdasarkan uji statistik, peningkatan ini dinyatakan signifikan. Dengan demikian, media video pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Video ini tidak hanya mampu menarik minat belajar, namun juga mendorong siswa untuk lebih mandiri dalam mengatur kegiatan belajarnya. Produk ini mendukung pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka dan dapat digunakan secara fleksibel di kelas maupun di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, pendekatan kontekstual, kemampuan metakognitif, bahasa Inggris, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Steffie Grace Lumbantobing |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:53 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |