PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEQUENCE OF SERVICE DALAM MATA KULIAH TATA HIDANG RESTORAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER

Artawan, Gede Ngurah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEQUENCE OF SERVICE DALAM MATA KULIAH TATA HIDANG RESTORAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115081050-COVER.pdf

Download (597kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115081050-ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115081050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2115081050-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115081050-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya berbentuk video pembelajaran Sequence of Service dalam Mata Kuliah Tata Hidang Restoran pada Prodi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner. Jenis Penelitian yaitu penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Metode yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner dengan instrumen pengambilan data berupa pedoman wawancara, angket validasi ahli dan uji produk. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini mencakup beberapa tahapan yaitu tahap Define dilaksanakan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep serta analisis tujuan pembelajaran, tahap Design terdiri dari bagian pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tahap Develop meliputi finalisasi produk, validasi ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran dilanjutkan dengan uji coba produk dalam skala kecil. Hasil uji validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”, ahli media sebesar 97% dengan kategori “sangat layak”, ahli desain pembelajaran sebesar 98,5% dengan kategori “sangat layak” dan uji responden memperoleh total persentase sebesar 94% dengan kategori “sangat baik”. Tahap Disseminate dilaksanakan penyebaran melalui platform YouTube dan disebarkan secara terbatas kepada dosen dan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner Undiksha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Sequence of Service, Tata Hidang, Video
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: Gede Ngurah Artawan
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:46
Last Modified: 22 Jul 2025 04:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25805

Actions (login required)

View Item View Item