Darmastuti, Komang Arya Cintya (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031008-COVER.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031008-ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031008-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan menjelaskan pengelolaan pembelajaran yang mencakup dokumen perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deksriptif. Penelitian ini melibatkan empat guru kimia dan 34 siswa di SMA Negeri 4 Singaraja untuk mendapatkan data mengenai pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 4 Singaraja. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data tersebut adalah teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pada penelitian ini didapatkan hasil, yaitu (1) Dokumen perencanaan pembelajaran yang disiapkan oleh guru kimia adalah modul ajar. Modul ajar yang disiapkan oleh guru kimia telah sesuai dengan regulasi Kurikulum Merdeka. Namun, guru kimia tidak menyiapkan modul ajar yang mencakup seluruh tujuan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kimia ditinjau waktu pelaksanaan sudah sesuai dengan regulasi Kurikulum Merdeka. Namun, guru kimia belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan masih menggunakan metode pembelajaran yang sama pada seluruh peserta didik. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung tidak didasarkan oleh modul ajar. (3) Penilaian hasil belajar siswa yang dilaksanakan oleh guru kimia ditinjau dari waktu pelaksanaan dan teknik pelaksanaan sudah sesuai dengan regulasi Kurikulum Merdeka. Namun, tindak lanjut terhadap hasil tes diagnostik belum dilaksanakan secara optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran, kimia, kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Komang Arya Cintya Darmastuti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |