Jayanti, Kadek Sukma (2025) EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DI KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115091002-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115091002-ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115091002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115091002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115091002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115091002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115091002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pelayanan publik mengalami perubahan signifikan akibat kemajuan teknologi informasi. Pemerintah Indonesia terus melanjutkan upaya dalam meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi dengan meluncurkan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Meskipun secara konseptual aplikasi IKD dirancang sebagai solusi berbagai permasalahan dalam layanan administrasi kependudukan, realisasinya masih menunjukkan ketidaksesuaian dengan tujuan awal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan memberikan hasil rekomendasi perbaikan. Data dikumpulkan melalui kuesioner online berbasis variabel EUCS kepada 99 responden pengguna IKD di Kabupaten Buleleng dan dianalisis menggunakan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pengguna berada pada angka 97,59% yang berarti pengguna puas dengan aplikasi IKD. Namun karena termasuk <100%, hal ini mengindikasikan bahwa beberapa aspek layanan belum sepenuhnya memenuhi harapan pengguna. Berdasarkan analisis GAP didapatkan hasil nilai negatif, yaitu sebesar -1,81. Nilai ini mengindikasikan bahwa aplikasi IKD belum mampu memenuhi harapan pengguna. Analisis kuadran IPA menunjukkan faktor yang perlu ditingkatkan yaitu A4 sementara faktor-faktor yang perlu dipertahankan adalah C1, C2, C3, C4, A1, F2, F3, E1, E2, dan E3. Kata Kunci: Evaluasi, Kepuasan Pengguna, Identitas Kependudukan Digital, EUCS, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kepuasan Pengguna, Identitas Kependudukan Digital, EUCS, IPA |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | KADEK SUKMA JAYANTI |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 05:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 05:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |