Farobi, Moh. Noval (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Branching Scenario Menggunakan Articulate Rise Pada Materi Penanganan Keluhan Pelanggan Untuk Pelatihan Customer Service Di Ioda Academy. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (1811021037-COVER)
1811021037-COVER.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text (1811021037-ABSTRAK)
1811021037-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (1811021037-BAB I PENDAHULUAN)
1811021037-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (1811021037-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1811021037-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811021037-BAB III METODE PENELITIAN)
1811021037-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811021037-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021037-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811021037-BAB V PENUTUP)
1811021037-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811021037-DAFTAR PUSTAKA)
1811021037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (1811021037-LAMPIRAN)
1811021037-LAMPIRAN.pdf Download (779kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua masalah utama. Pertama, rendahnya kualitas penanganan keluhan pelanggan di industri jasa secara umum, di mana menurut penelitian oleh Guerler (2025) hanya 52% keluhan yang ditangani dengan tepat. Kedua, adanya kesenjangan spesifik di Ioda Academy antara metode pelatihan yang masih bersifat teoritis dengan kebutuhan kompetensi praktis di dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis branching scenario sebagai solusi untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang sistematis, mencakup tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses pengumpulan data dilakukan secara komprehensif melalui validasi oleh tiga orang ahli (isi materi, desain pembelajaran, dan media) serta uji coba kelompok kecil kepada lima orang pengguna akhir, dengan instrumen berupa angket penilaian skala Likert. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran interaktif fungsional yang dikembangkan menggunakan platform Articulate Rise, yang menyajikan simulasi pengambilan keputusan melalui skenario bercabang. Hasil analisis data validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang bervariasi: ahli isi materi memberikan kualifikasi Cukup (71.43%), sementara ahli desain pembelajaran (82%) dan ahli media (76.67%) memberikan kualifikasi Baik. Namun, hasil uji coba oleh pengguna akhir menunjukkan tingkat penerimaan yang sangat positif dengan persentase kelayakan sebesar 89.82% (Baik), yang mengonfirmasi bahwa media ini relevan dan mudah digunakan dari perspektif praktisi. Berdasarkan triangulasi data dan revisi formatif yang telah dilakukan untuk menindaklanjuti masukan para ahli, disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alat bantu pelatihan yang kontekstual dan aplikatif dalam meningkatkan kesiapan staf customer service.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Branching Scenario, Pelatihan Customer Service, Articulate Rise, Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Moh.noval Faroby |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 23:19 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 23:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |