Amanda, Si Luh Nyoman Julia Tria (2025) AN ANALYSIS OF THE TRANSLANGUAGING PRACTICE IN MAUDY AYUNDA’S YOUTUBE CHANNEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021112_COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021112_ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2112021112_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2112021112_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2112021112_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021112_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2112021112_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021112_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021112_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Adanya monolingualisme menciptakan kesenjangan terhadap penutur bilingual dan multibahasa. Praktik translanguaging memungkinkan individu untuk mengeksplorasi identitas yang mewakili pengalaman bahasa dan budaya mereka yang beragam dan secara efektif terhubung dengan latar belakang mereka yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola translanguaging dan keterlibatan pemirsa yang diamati dalam video YouTube Maudy Ayunda untuk menyoroti bagaimana kemahiran berbahasa tidak dibatasi oleh ideologi monolingual. Untuk mengeksplorasi praktik translanguaging dalam konteks media sosial, menantang asosiasi konvensional dengan lingkungan pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus dan analisis tematik untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari video vlog Maudy Ayunda dan kolom komentar. Temuan menunjukkan bahwa Entire Translanguaging (ET) paling banyak muncul, yang menekankan pada ekspresi antusiasme dan merefleksikan identitas budaya. Reaksi penonton terhadap praktik translanguaging yang dilakukan oleh Maudy Ayunda sangat beragam. Peran penonton sebagai fan yang paling banyak ditemukan di kolom komentar. Penelitian selanjutnya perlu menggali lebih dalam untuk melihat secara langsung bagaimana implementasi praktik translanguaging di platform media sosial lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Maudy Ayunda, translanguaging, identitas budaya |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Si Luh Nyoman Julia Tria Amanda |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:30 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |